Kristus “ciptaan” Allah?


Definisi kata “penciptaan” mengandung arti  menjadikan sesuatu ada/exist (dari ketiadaan), sehingga “ciptaan/creature” adalah sesuatu yang di hasilkan dari proses penciptaan. 


creation |krēˈā sh ən|
noun
1 the action or process of bringing something into existence : the creation of a coalition government | job creation.
• a thing that has been made or invented, esp. something showing artistic talent : she treats fictional creations as if they were real people.
2 ( the Creation) the bringing into of existence of the universe, esp. when regarded as an act of God.
• everything so created; the universe : our alienation from the rest of Creation.



Manusia Adam adalah “ciptaan”, karena sebelum Adam tidak ada yg di sebut manusia. Adam sebagai “manusia” adalah ciptaan, tapi apakah Adam seluruhnya adalah ciptaan? Tidak….Kalau kita melihat di kitab kejadian (Gen 2:7), maka terlihat bahwa Allah membentuk dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidupNya, sehingga manusia pertama tercipta dan hidup. Debu dan tanah adalah ciptaan, tapi “nafas hidup” di sana bukanlah ciptaan, karena ia “di hembuskan” dari ke-preexistensian-nya, bukan dari ketiadaan. Jadi sebelum di hembuskan kepada debu tanah yg telah di bentuk, nafas hidup “sudah exist” sebelumnya. Jadi yg paling tepat di sebut ciptaan adalah “manusia” dalam arti “human being”, bukan manusia secara individu.


Genesis 2:7 “And the LORD God formed man of the dust of the ground, and breathed into his nostrils the breath of life; and man became a living soul.”


Dan harus di ingat, bahwa penciptaan oleh Allah sudah berakhir pada masa/hari ke 6 dari waktu penciptaan. Sehingga ketika setiap manusia keturunan Adam terlahir ke dunia tidaklah tepat kalau di katakan bahwa “penciptaan itu telah terjadi lagi”, tapi lebih tepat di katakan bahwa keturunan dari ciptaan (Adam) telah di lahirkan (ber-multiply), baik itu jasmani maupun roh/nafas hidup (baca Traducianism). Sampai disini  jelas mengenai batasan2 term “cipta/ciptaan”, yaitu hanya jika berasal dari ketiadaan.


Lalu bagaimana dengan Kristus? Apakah Ia di ciptakan?


Ketika menyebut nama "Kristus", maka yg di maksud di sini bukanlah manusia yg di lahirkan oleh Maria, tapi roh Kristus yg sudah ada sebelum penciptaan dimulai, dan Dia sebagai permulaan dari penciptaan. Ada beberapa pendapat bahwa Kristus adalah ciptaan Allah, seperti halnya manusia di ciptakan Allah. Pandangan ini antara lain berdasarkan ayat2 sbb :


Colossians 1:15 “Who is the image of the invisible God, the firstborn of every creature:”

15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,



Frase yang kontroversial di sini adalah “the firstborn of every creature”, yg berarti “yg pertama di lahirkan dari setiap ciptaan/mahkluk”, yg lalu scr kurang hati2 di artikan sebagai “ciptaan yg pertama di lahirkan”. Saya kurang setuju dgn terjemahan "firstborn" menjadi "sulung" saja dgn menghilangkan kata "anak", akan lebih tepat jika menjadi "anak sulung/yg pertama lahir". Term "Sulung" saja berarti "yg pertama", dan kalau di hubungkan dgn isi ayat Col 1:15 maka akan membawa salah pengertian kepada arti "ciptaan yg pertama".

Term “ciptaan” artinya menjelaskan “yg di ciptakan”, bukan yg di lahirkan! dan term “firstborn” adalah berarti di lahirkan (pertama), bukan di ciptakan (pertama). Jadi frase “the firstborn of every creature” sebenarnya menjelaskan dimensi roh, kenapa? jika itu menjelaskan Kristus sbg “creature/human being/Yesus”, maka pada kenyataannya Ia bukanlah “creature” yg di lahirkan pertama. Benar bahwa scr roh, Ia adalah “the firstborn of every creature”, karena pada hakekatnya (secara roh) “every creature” adalah di lahirkan, karena roh itu "di lahirkan", bukan di ciptakan. Atau dengan kata lain, pendapat bahwa “Kristus adalah ciptaan” adalah benar JIKA frase ke 2 ayat di atas berbunyi “the first creation of every creature”.

Revelation 3:14 “And unto the angel of the church of the Laodiceans write; These things saith the Amen, the faithful and true witness, the beginning of the creation of God;”


Ayat di atas jg sering di gunakan sbg pendukung pendapat bahwa Kristus adalah ciptaan. Sebenarnya yg ini tidak sesulit perkataan Paulus di atas. “The beginning of creation” memiliki arti permulaan dari penciptaan. Menjadi “the beginning of creation” tidak lalu berarti Ia adalah termasuk sebagai “creature” dari proses creation tersebut. “The beginning of creation” berarti bahwa Ia adalah aawal mu-awal dari adanya proses creation tersebut. Ingat bahwa penciptaan dalam kitab kejadian sama sekali tidak menyebut bahwa kristus adalah ciptaan pertama. Jika memang Kristus adalah ciptaan pertama maka akan di sebutkan bahwa Ia di ciptakan sebelum Allah menciptakan sorga dan bumi.


Kesimpulan :


1. The beginning of the creationThe first creature
2. Roh tidak di ciptakan, tapi “di lahirkan”, Kristus adalah Roh.
3. Roh Kristus adalah "The Firstborn" bukan "The first creature"
4. The "Firstborn" bukan di maksudkan "born" ke dunia, tapi dari Allah menjadi suatu pribadi roh.
5. Kristus "not created", but "was born from God."



GBU